For more information please send your Email : sales@pt-hwk.com or WhatsApp : 08111873301 (Djiang) | 0811894696 (Hendro) | 081319297671 (Ichsan)

CRANE

Crane adalah alat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan barang. Biasanya terdiri dari hoist, troli, roda dan end carriages atau bearing yang digunakan pada mekanisme slewing jib cranes dan sebuah sistem kontrol. Sebagaimana hoist, maka alat ini juga dapat dioperasikan secara manual tanpa menggunakan motor listrik. Manual cranes biasanya digunakan untuk kapasitas angkat dan area yang lebih terbatas, misalnya pada bengkel-bengkel yang kecil. Pada cranes yang menggunakan motor listrik dapat diterapkan berbagai fitur yang meningkatkan keunggulannya. Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem kontrol yang terintegrasi telah banyak digunakan.


Electric cranes banyak digunakan pada industri transportasi untuk melakukan bongkar muat barang, pada pekerjaan konstruksi untuk memindahkan material, dan di industri manufaktur untuk merakit alat-alat atau komponen yang berat. Jenis atau tipe produk cranes yang kami sediakan diantaranya adalah Overhead Cranes, Gantry Cranes, Jib Cranes, Wall-Running Jib Cranes, Light Crane Systems (Workstation Cranes), Container Cranes dan RTG Cranes. Selain menjual crane bergaransi kami juga menyediakan layanan purna jual yang prima sehingga anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan suku cadang (spare parts). Teknisi kami selalu siap memberi solusi jika terjadi kendala teknis di lapangan.

Gantry Crane

Gantry Crane Area Outdoor
Informasi lebih lanjut

Gantry crane dapat diproduksi dengan menggunakan double girder atau single girder. Diperlukan tangga yang terhubung setidaknya pada salah satu kaki untuk memanjat ke bagian atas atau girder.

Overhead Travelling Crane

Crane Tandem
Informasi lebih lanjut

Overhead travelling crane banyak digunakan di bengkel-bengkel, gudang, pembangkit listrik dan pabrik. Terdiri dari single girder overhead crane dan double girder overhead crane.

Jib Crane

JIb Crane kapasitas 500 kg
Informasi lebih lanjut

Jib crane dapat dipasangkan ke dinding atau pada tiang yang dipasang ke lantai. Dengan menggunakan jib crane kita dapat mengangkut material dalam gerakan setengah lingkaran (180 derajat) atau satu lingkaran (360 derajat).

Wall-Travelling Jib Cranes

Wall Travelling Jib Crane 1 ton
Informasi lebih lanjut

Wall-travelling jib cranes dipasang di bawah overhead crane dan umumnya diproduksi dengan kapasitas hingga 5 ton dan panjang boom maksimal 10 meter.

Workstation Cranes

Produk Workstation Crane System
Informasi lebih lanjut

Keunggulan dari workstation cranes adalah dapat mengoptimalkan aliran material pada area kerja untuk memenuhi kebutuhan logistik yang cepat.

Container Cranes

Container Handling Crane 40 ton
Informasi lebih lanjut

Container cranes dilengkapi dengan spreader beam dan biasanya digunakan di pelabuhan atau terminal kontainer.

RTG Cranes

RTG Crane 2 ton
Informasi lebih lanjut

Rubber Tyred Gantry Cranes (RTG Crane) adalah mobile gantry crane yang digunakan untuk mengatur atau menumpuk kontainer atau material lainnya.

Beberapa fitur standar dan fitur tambahan yang dapat diaplikasikan pada crane kami, diantaranya adalah :

1. Programmable Control Unit.

Programmable Logic Controller (PLC) tidak hanya mencegah kerusakan yang timbul karena kesalahan dari operator, tetapi juga memungkinkan pemantauan data FEM, seperti lamanya waktu pengoperasian, berapa kali motor dinyalakan, siklus kerja dan berhenti secara darurat, memberikan visibilitas untuk penggunaannya. Program ini dapat mencegah kesalahan yang disebabkan oleh operator dan juga melakukan pemantauan terhadap rem dan inverter. Jika motor hoisting memiliki dua kecepatan, maka hanya dimungkinkan untuk memulai dan menghentikan motor pada kecepatan terendah (kecuali berhenti darurat) meskipun ada perintah perubahan kecepatan secara instan dari operator. Hal ini dapat mencegah keausan pada rem dan hoist. Selain itu, rekaman kesalahan yang muncul di layar pengontrol, memungkinkan untuk memperbaiki kesalahan secara lebih cepat dan akurat.

Programmable Control Unit

2. Predictive Maintenance Application.

Melalui aplikasi ini, anda dapat dengan mudah menindaklanjuti periode pemeliharaan.

Predictive Maintenance Application

3. Anti-Sway System.

Karena gerakan linier yang landai digunakan sebagai standar pada gerakan horizontal, maka beban akan bergoyang selama proses akselerasi atau perlambatan. Ketika gerakan dimulai atau selama akselerasi, maka pertama-tama troli atau girder akan mulai bergerak dan kemudian akan diikuti dengan beban. Demikian pula ketika crane diperintahkan untuk berhenti atau selama proses perlambatan, troli atau girder akan melambat terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh beban. Dengan demikian, goyangan seperti pendulum akan terjadi pada beban yang digantung. Karena goyangan ini maka akan timbul masalah pada kontrol dan pemosisian beban yang sedang dibawa. Untuk menghentikan goyangan ini tanpa menggunakan unit kontrol khusus, operator dan asisten mencoba menghentikan goyangan dengan memegang beban dengan tangan, atau operator yang berpengalaman mengurangi goyangan dengan melakukan gerakan reaktif untuk mengurangi ayunan. Hal yang dilakukan tersebut berbahaya bagi fasilitas yang ada di lapangan dan juga keselamatan karyawan. Selain itu juga menyebabkan hilangnya waktu.

Manfaat aplikasi Anti-Sway:

  • Lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan.
  • Melindungi hoist dan beban yang dibawa sehingga mengurangi kebutuhan akan perawatan.
  • Mengurangi tanggung jawab operator, sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada pekerjaan.
  • Dengan waktu siklus yang lebih rendah (hingga 25%), maka dapat menghemat waktu pengoperasian dan dengan biaya yang rendah, terutama untuk mesin yang dioperasikan secara otomatis.
Anti-Sway System

4. Load Status Indicator Screen.

Layar tampilan status / beban dapat diterapkan dengan dua cara pada crane kami:

  • Pada Layar Tampilan Eksternal. Berat beban yang dibawa ditampilkan pada hoist. Layar ini dapat dilihat dengan mudah di malam hari dan pada siang hari dari jarak 50 meter. Informasi situasi, kesalahan, dan peringatan diberikan kepada pengguna bila diperlukan.
  • Dengan Radio Remote Control. Dengan tampilan LCD pada opsi penggunaan radio remote control yang disediakan, dimungkinkan untuk memantau beban yang sedang dibawa, kesalahan, peringatan, dan informasi status pada sistem.
Load Status Indicator On The External Screen And Radio Remote Control

5. Mode Tandem.

Melakukan pengelolaan pada dua atau lebih sistem melalui sebuah unit kontrol, di mana beberapa crane diminta untuk dioperasikan secara serempak. Dengan komunikasi nirkabel tambahan antar crane, dipastikan bahwa semua unit berhenti berfungsi seandainya terjadi kegagalan pada salah satu crane.

Tandem Mode

6. Aplikasi Proses Otomatis dan Semi-Otomatis.

Salah satu fitur yang dapat ditambahkan pada produk yang kami jual adalah sebuah aplikasi proses otomatis dan semi-otomatis. Kami mengembangkan perangkat lunak yang cocok untuk anda dan memberikan operasi yang berkelanjutan dan bebas dari masalah.

Aplikasi Proses Otomatis dan Semi-Otomatis

7. Kontrol Kecepatan yang Menyesuaikan dengan Beban.

Melalui load cell pada hoist, maka sistem mengenali apakah saat itu ada muatan beban atau tidak dan pada saat idle (tanpa beban) maka crane dioperasikan lebih cepat. Pengaturan kecepatan yang tergantung pada beban disesuaikan agar tidak memberatkan kerja pada motor hoist dan motor travel. Kecepatannya disetel berubah secara proporsional berbanding terbalik dengan beban yang ditangani, yaitu kecepatan berkurang saat beban meningkat, dan bertambah jika bebannya berkurang.

Kontrol Kecepatan yang Menyesuaikan dengan Beban.

8. Electronic Overload Control.

Crane dilengkapi dengan aplikasi overload control untuk memastikan keamanan pada crane dan area di sekitarnya. Menurut Standar Eropa EN 12077-2, diharuskan untuk menggunakan safety device yang akan menghentikan sistem ketika crane mengalami kelebihan beban. Aplikasi electronic overload control pada crane juga membantu untuk memastikan pekerjaan dilakukan secara aman.

Electronic Overload Control

9. Variable Frequency Drive.

Variable Frequency Drive (VFD) yang digunakan dalam sistem menyediakan kontrol kecepatan ketika crane dipercepat atau diperlambat. Proses yang soft saat permulaan (start) dan berhenti (stop) akan melindungi hoist dari guncangan dan dampak langsung yang ditimbulkan sehingga memungkinkan masa pakai yang lebih lama. Jika diminta, operator dapat mengendalikan crane dengan beberapa pilihan kecepatan selama berada dalam batas rentang kecepatan yang ditentukan. Fitur VFD merupakan salah satu fitur standar yang terdapat pada crane yang kami jual.

Variable Frequency Drive

10. Sistem Anti-Crab

Pada crane dengan bentang span yang lebar, tekanan dan keausan yang berlebihan terjadi pada roda karena berbagai alasan, seperti rel yang tidak rata, perbedaan diameter roda, Slip pada motor, slip roda pada rel dan situasi beban yang tidak seimbang. Sistem anti-crab mendeteksi kecepatan di atas rel untuk mencegah pengikisan pada rel dan menyesuaikan kecepatan untuk mencegah slip dan ketidakselarasan.

Anti-Crab System

Kembali ke :